PEPAYA, SI MANIS BERJUTA BERKHASIAT

Pepaya (kates, betik) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan, rasanya seperti buah melon.


Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 8 sampai 10 meter dengan akar yang kuat. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis di tengah, akan nampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. Rongga dalam pada buah pepaya berbentuk bintang apabila penampang buahnya dipoting melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi.

Walau tersebar di seantero negeri, namun tidak banyak masyarakat yang peduli akan pentingnya pepaya. Padahal buah ini merupakan sumber gizi yang baik, harganya pun relatif murah. Hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan, baik sebagai bahan pangan maupun untuk bahan obat dan industri. Mulai dari akar, batang, daun, kuntum bunga, buah, kulit pohon, sampai getahnya.

Tiap bagian pepaya memiliki kandungan serta manfaat masing-masing. Misalnya akar. Bagian ini biasanya digunakan untuk membasmi cacing kremi, sakit ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, digigit serangga, dan encok. Daunnya juga memiliki manfaat buah yang tidak sedikit. Sayur daun pepaya biasa digunakan untuk penambah nafsu makan, mengobati penyakit beri-beri, kejang perut, malaria, sakit panas, dan insomia.

Adapun kuntum bunga pepaya biasa dibuat sayur lodeh dan pecel. Kuntum ini dapat merangsang nafsu makan. Buah pepaya pun sangat bagus untuk terapi memperlancar pencernaan, menghaluskan kulit, dan mengobati lambung yang terasa sakit.

Dalam industri minuman, pepaya digunakan sebagai penjernih dan penambah cita rasa pada bir. Sedangkan pada industri daging, pepaya sering kali digunakan sebagai pengempuk daging.

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah pepaya :
  1. Sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet karena memiliki banyak kandungan gizi dan rendah kalori
  2. Kulit pepaya dapat dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka di kulit
  3. Kaya akan kandungan anti-inflamasi dan anti kanker
  4. Bisa mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C
  6. Mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
  7. Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe
  8. mencegah penuaan dini karena kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas

Artikel Terkait
Pepaya Dan Kecantikan 
Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya 
Pepaya Buah Pelangsing 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar