POMEGRANATE, DELIMA MERAH PELINDUNG KULIT



Tanaman delima yang punya nama ilmiah Punica granatum L. (bahasa inggris pomegranate) ini merupakan tanaman semak yang bisa mencapai tinggi 6 meter. Memiliki batang bercabang banyak serta berduri. Bunganya merah atau putih. Ada juga yang ungu kehitaman. Bunga-bunga ini muncul dari ketiak daun dan berkembang menjadi buah eksotis yang bergelantungan pada cabang-cabang pohon.

Buah ini tumbuh dan dibudidayakan di banyak negara, tetapi sebelumnya dibudidayakan di sekitar daerah Himalaya utara india, Iran dan dinaturalisasikan seluruh wilayah Mediterania sejak zaman kuno. Ada artikel yang menyebutkan nama pomegranate berasal dari bahasa Perancis pada abad pertengahan yakni penggabungan dari nama pime dan garnete tapi menurut wikipedia nama pomegranate berasal dari bahasa latin bernama pomum (apel) dan granatus (berbiji). Kata ini secara harfiah berarti "buah apel dengan banyak biji". Di Timur Tengah dan India biji buah delima ini sering ditaburkan di atas lauk sebagai garnis (dekorasi makanan) dan untuk pemanis.

Di dalam sebuah Pomegranate, terkandung zat punicalagins yang sangat tinggi. Punicalagins ini adalah sebuah komponen anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dan ampuh mencegah terjadinya penyakit. Menurut hasil penelitian, kandungan anti-oksidan di dalam Pomegranate, dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan pada green tea. Buah ini juga diperkaya kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium dan fosfor. Kombinasi berbagai mineral ini ampuh banget buat mencegah dan menangkal berbagai penyakit. Komplit, kan?

Buah pomegranate sudah dikenal memiliki khasiat yang tak main-main. Buah ini bahkan dilambangkan sebagai buah kejayaan oleh beberapa bangsa. Konsumsi rutin buah ini tentu saja membawa kebaikan untuk tubuh. Salah satunya bagi kulit, berikut beberapa manfaatnya bagi kulit kita.


Regenerasi sel
Pomegranate melindungi dan menguatkan sel kulit, bahkan sampai ke lapisan terdalam. Baik buah dan minyaknya sama-sama memberikan stimulasi untuk regenerasi sel kulit.

Produksi kolagen
Kolagen adalah bagian dasar kulit yang sangat penting mengatur bentuk, kelembutan, dan kehalusan kulit. Kandungan dalam pome membuat fibroblasts (sel yang memproduksi kolagen) berkembang dengan baik.

Melindungi dari kerusakaan akibat UV
Pome menawarkan perlindungan serius akan kerusakaan karena sinar UV. Antioksidannya secara unik langsung melindungi kulit begitu diterpa sinar matahari.

Anti aging
Manfaat yang satu ini mungkin mengalahkan obat atau perawatan anti aging bernilai jutaan rupiah. Sebab secara alami antioksidan dalam pome dapat melawan dan memperbaiki secara bersamaan kerusakaan akibat radikal bebas, sinar uv, hingga faktor lingkungan lain.

Melembabkan kulit
Pomegranate juga mempunyai kandungan asam punicic, dan asam lemak omega 5 yang secara otomatis menolong kulit tetap lembab, dan menangkal bacteria

Dengan manfaat yang begitu banyak, tidak heran lagi jika saat ini banyak kita jumpai berbagai macam produk kosmetik dan kecantikan yang  mengandung ekstrak buah Pomegranate ini, seperti Face Cream, Face Wash dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar